Koneksi Antar Materi - Modul 1.2
ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb…..
Alhamdulillah sampai saat ini masih diberikan kesehatan dan pikiran yang sehat. mengingat aktivitas dalam beberapa minggu ini lumayan padat saat mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 11. Suasana belajar secara daring memang bukan lagi hal yang baru, namun tetap perlu perhatian dan persiapan. ada hal yang menarik dan menantang ingin saya ceritakan mengenai Nilai dan peran Guru Penggerak yang berkaitan dengan Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Guru penggerak memiliki peran sentral dalam menciptakan perubahan dan menginspirasi murid untuk berkembang secara holistik. Dalam filosofi pendidikan KI Hadjar Dewantara, konsep tersebut sangat ditekankan melalui gagasan bahwa guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pemberi contoh dan pembimbing dalam kehidupan murid.
Pertama-tama, nilai guru penggerak tercermin dalam kemampuannya untuk merangsang minat belajar murid. Seperti yang diajarkan oleh KI Hadjar Dewantara, seorang guru yang baik harus mampu membangkitkan rasa ingin tahu dan semangat belajar murid melalui pendekatan yang kreatif dan humanis. Dengan memahami perasaan dan kebutuhan murid, guru dapat membentuk lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan penemuan.
Kedua, guru penggerak juga berperan penting dalam menginspirasi murid untuk mengembangkan karakter dan kepribadian yang baik. Melalui interaksi sehari-hari, guru tidak hanya mengajarkan pelajaran, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang penting untuk kehidupan sosial dan profesional murid di masa depan.
Dalam konteks pembelajaran, filosofi KI Hadjar Dewantara menekankan pentingnya penerapan pengetahuan dalam kehidupan nyata. Guru penggerak tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga membimbing murid dalam menerapkan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah dalam situasi nyata. Hal ini memungkinkan murid untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dan berguna di dunia nyata.
Di samping itu, peran guru penggerak juga mencakup perencanaan untuk masa depan murid. Dengan memahami kebutuhan individu dan kemampuan murid, guru dapat membantu merumuskan rencana pendidikan yang sesuai untuk setiap murid. Ini melibatkan pembimbingan karir dan penanaman keterampilan yang diperlukan agar murid siap menghadapi tantangan masa depan.
Guru penggerak tidak hanya mengajar materi akademis, tetapi juga bertanggung jawab atas pembentukan karakter, pemberian inspirasi, dan persiapan murid untuk kehidupan di luar sekolah. Dalam filosofi pendidikan KI Hadjar Dewantara, mereka adalah agen perubahan yang berperan penting dalam membentuk generasi masa depan yang kompeten dan beretika tinggi.
Refleksi yang saya tulis juga menggambarkan pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang peran seorang guru penggerak dalam pendidikan, serta keterkaitannya dengan filosofi pendidikan KI Hadjar Dewantara. Dan di atas juga sudah di cantumkan Peran Guru Penggerak, Pengalaman Mengajar, Nilai-nilai yang Diajarkan, Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari, dan juga Harapan dan Pengabdian di Masa Depan.
Secara keseluruhan, tidak hanya menceritakan peran penting seorang guru penggerak dalam pendidikan, tetapi juga bagaimana nilai-nilai dan filosofi pendidikan dapat diimplementasikan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan. Semangat dan dedikasi terhadap peran ini sangat menginspirasi bagi saya pribadi.
Setelah menyelesaikan pendidikan sebagai Guru Penggerak, saya berharap dapat menginspirasi dan membimbing murid-murid untuk menjadi agen perubahan di tempat saya bertugas, dengan menerapkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip guru penggerak.
Terima kasih
Fasilitator : Mulliati
Pengajar Praktik : Nurlindayani
CGP A.11 : Andi Kurniawan
Komentar
Posting Komentar