Refleksi Jurnal Dwi Mingguan ke - 9
Salam Hebat dan Bahagia, Bapak dan Ibu Guru Semua.
Izinkan saya untuk merefleksikan pembelajaran pada modul ke-9 yaitu mengenai Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Seperti pada modul sebelumnya, tahapan MERDEKA yaitu Mulai dari dari, Eksplorasi Konsep, ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman dan Koneksi Antar Materi cukup sempurna dalam menggembleng calon guru penggerak untuk tercapainya tujuan pembelajaran. diantara tahapan tersebut tentu yang paling seru saat ruang kolaborasi dan elaborasi pemahaman. karena dalam dua tahapan tersebut terjadi pertukaran gagasan antar calon guru penggerak.
Tidak lupa kehadiran fasilitator dan instruktur dalam melengkapi pembelajaran secara daring. Telah membuat kami semakin tajam dalam dan lihai menjadi guru yang seharusnya diimpikan murid-murid dan guru yang dapat berkontribusi demi kemajuan sekolah. pembelajaran pada modul ke-9 ini sangat bermanfaat bagi guru dan sekolah. Calon guru penggerak diajarkan untuk menggunakan cara berpikir berbasis aset, serta cara mengelola aset untuk mencapai visi sekolah. hal ini dengan mengidentifikasi modal-modal yang ada di lingkungan sekolah, seperti modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan, modal agama dan budaya, modal financial dan modal politik.
Pemimpin adalah orang yang memiliki pengaruh. semakin besar pengaruh seorang maka semakin bermanfaat dirinya bagi perkembangan sekolah dan lingkungannya. saya sangat senang dalam mempelajari modul ini, karena sangat saya butuhkan dalam kehidupan saya sehari-sehari. Alhamdulillah Pembelajaran pada Pendidikan Guru Penggerak ini, semakin hari membuat saya semakin pintar dan bijaksana, terutama sebagai pemimimpin Pembelajaran.
Saya sangat merasakan manfaat dari pembelajaran ini, dan semoga program ini terus berlanjut bagi guru-guru lainnya yang membutuhkan upgrade diri sebagai pendidik. saya sendiripun akan terus mengupgrade diri saya dengan mempelajari perkembangan dunia, terutama dunia pendidikan. sampai disini yang bisa saya sampaikan, lebih dan kurang saya mohon maaf.
Calon Guru Penggerak A. 11 : Andi Kurniawan
Pengajar Praktik : Nurlindayani
Fasilitator : Muliati
Instruktur : Samsuedi
Aksi nyata 2.3 CGP diwajibkan untuk mensupervisi teman di sekolahnya masing-masing. Saya meminta bantuan kepada ibu Indah mira junia sebagai objek pengamatan. Kegiatan supervisi dimulai dengan langkah yaitu pra observasi, observasi dan pasca observasi. Kegiatan supervisi akademik berbasis coaching. Dengan tujuan melakukan pengembangan diri rekan sejawat.
Perasaan saya sangat senang karena dapat berbagi dengan rekan sejawat, dan ibu indah nampak senang dengan kegiatan yang kami lakuakan. Saya merasakan bahwa kegiatan supervisi akademik erbasis coaching sangat membantu guru dalam pegembangan dirinya. Ada ranah yang dapat terus dikembangkan, dan hal ini didapatkan melalui kegiatan ini.
Untuk kedepannya saya berharap akan banyak kegiatan seperti ini, bukan hanya sebatas formalitas saat melakukan supervisi akademik. Kualitas guru akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal inilah yang dibutuhkan oleh seorang pengajar dan pendidik. Dengan usaha dan doa serta perbaikan-perbaikan yang terus kita upayakan secara bersama tentu dunia pendidikan kita akan bangkit kembali menjadi contoh bagi negara-negara lainnya.
CGP Angkatan 11 : Andi Kurniawan, S.Pd
PP : Nurlindayani, S.Pd.
Fasilitator : Muliati, S.Pd.
Komentar
Posting Komentar